jam

Senin, 18 Maret 2013

Jawaban ujian mid semester Untuk pemebelajaran


JAWABAN  SOAL UJIAN


Nama   : Refrizal Sam,S.Pd.Kons
Prodi   : magister manajemen
BP       : 311045
 
 







1.       

a.      Perkembangan fasilitas dan sarana pendukng  ICT pada sekolah saya  berkembang     sangat pesat dalam 2 tahun ini, dimana dalam 2 tahun ini kami sudah punya labor multimedia dengan 30 set computer yang dilengkapi dengan LAN.
b.      Fasilitas yang ada sekarang sudah cukup memadai untuk mendukung prose pembelajaran,dimana infokus  yang ada sudah bisa di pakai di setiap kelas sehingga guru yang mengajar sudah bisa menggunakan medianya yang ada dalam laptop.
c.       Masih kurang, karena masih sedikitnya guru yang menggunakan ICT dalam melaksanakan pembelajaran.
d.      Minat siswa terhdap keberadaan ICT di sekolah sangat antusias, dimana sudah banyak siswa yang memanfaatkan ICT sekolah untuk pembelajaran misalnya memanfaatkan computer dan internet untuk mencari materi pembelajaran.
2.      Perlu,karena masih banyak guru yang belum memanfaatkan ICT dalam pembelajaran dikarenakan ada yang belum bisa menggunakan ICT.
3.      Guru yang menguasai ICT disekolah saya sekitar 50 % dari semua Guru (±20 orang)
4.      Guru yang menerapkn ICT dalam pembelajaran baru sekitar 10 orang.
5.      Penggunaan media pembelajaran berbasis computer sangat penting karena  computer sudah tuntutan  dalam melaksanakan pembelaran  sesuai dengan PERMENDIKNAS NO 16 TAHUN 2007’ dimana salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru pada kompetensi pedagogik adalah ‘Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu’
6.      Cara memberi pengertian kepada guru lainnya untuk termotivasi adalah dengan cara melihatkan kepada mereka manfaat yang telah diperoleh rekannya yang sudah menggunakan ICT dalam pembelajaran.
7.      Program yang paling rasional yang dilaksanakan sekolah kami dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan ICT adalah dengan mengadakan Pelatihan Penggunaan ICT dari segi penggunaan Hardware maupun dari segi Penggunaan Software yang dibutuhkan dalam pembelajaran.
8.      Keuntungan yang akan diperoleh jika semua guru sudah menggunakan ICT dalam Pembelajaran:
a.      Siswa lebih termotivasi dalam belajar dikarenakan cara guru menyajikan materi tidak lagi mengunakan metode cermah yang membuat kebanyakan siswa bosan.
b.      Guru lebih kreatif  dalam membuat berbagai media dari ICT yang menarik peserta didik  untuk lebih termotivasi dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar